Program Studi
Magister Teknik Sipil
Visi & Misi Program Studi Magister Teknik Sipil Dedikasi Pendidikan Terbaik
Visi :
“Menjadi pusat unggulan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan yang berwawasan lingkungan dan mampu berperan di pasar global”
Misi :
- Meningkatkan mutu lulusan dalam penguasaan ilmu Teknik Sipil dan Lingkungan, dengan dasar yang kuat, berstandar internasional yang berwawasan lingkungan
- Aktif memberikan sumbangan pemikiran melalui penelitian maupun keterlibatan langsung dalam pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pengembangan sarana dan prasarana di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan, yang tetap mempertimbangkan keserasian hubungan manusia dan alam.
- Membentuk dan membina mahasiswa yang mempunyai kepemimpinan dan kepribadian yang mandiri, serta mampu bersosialisasi, berkomunikasi secara efektif, dan menjunjung tinggi etika profesi
Career Prospect Kemungkinan Tanpa Batas Memajukan Karier
Lulusan program studi ini dapat bekerja pada bagian perencana pemilik proyek konstruksi, konsultan konstruksi, kontraktor, perencana, perancang (sistem, bangunan, struktur), pelaksana dan pengelola di bidang teknik sipil, bagian pemeliharaan bangunan, instansi pemerintah, badan pengacara bidang konstruksi, dosen dan peneliti, serta wirausaha.
Graduate Profile Magister Teknik Yang Memiliki Spesialisasi Teknis Dan Mampu Mengembangkan Ilmu Pengetahuan Serta Menerapkan Ilmu Teknik Sipil Secara Profesional Dan Beretika
Video Profile Lihat Program dan Temui Mahasiswa Kami
Expected Learning Outcomes Mencapai Hasil Melalui Pembelajaran yang Efektif
- Mampu melakukan analisis terhadap solusi yang mungkin untuk masalah, pertanyaan atau isu kompleks yang relevan dengan bidang Teknik Sipil
- Mampu menentukan bentuk eksperimen yang sesuai, dan mampu menganalisis hasil dari solusi masalah bidang Teknik Sipil
- Mampu menentukan konsep tingkat lanjut dan prinsip-prinsip yang sesuai untuk memberi solusi terhadap masalah yang kompleks di bidang kekhususan yang sesuai dengan praktik bidang Teknik Sipil
- Mampu melakukan analisis kinerja yang berkelanjutan dari proyek bidang Teknik Sipil yang kompleks dari pandangan secara sistemik
- Mampu melakukan analisis komunikasi yang efektif kepada audiens teknis dan non-teknis
- Mampu melakukan analisis terhadap pengetahuan, keahlian, dan sikap baru yang relevan terhadap bidang Teknik Sipil, yang didapat melalui pembelajaran mandiri
Curriculum Dasar Capaian Pembelajaran Unggul
Capaian pembelajaran teknik sipil diadopsi dari yang diusulkan oleh American Society of Civil Engineers – Civil Engineering Body of Knowledge (ASCE-CE BOK2, 2008). Hasil-hasil ini memenuhi apa yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi untuk Teknik dan Teknologi (ABET). Selanjutnya, hasil pembelajaran CESP diverifikasi untuk memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang diluncurkan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2012.
Dalam persiapan kurikulum CESP 2016, capaian pembelajaran ini juga telah diverifikasi terhadap capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Jepang untuk Pendidikan Teknik dan Institusi Insinyur Singapura – Badan Akreditasi Teknik (keduanya penandatangan Washington Accord), serta yang disusun oleh Badan Akreditasi Indonesia untuk Pendidikan Teknik (untuk mengajukan permohonan Washington Accord pada tahun 2019). Berdasarkan pengalaman saat ini, kami mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah capaian pembelajaran yang dinyatakan dalam Kurikulum CESP 2016 untuk memudahkan penilaian hasil.
Hirearchy of ELO
Structure
Geotechnic
Transportation
Water Resource Management
Construction Management
Project Management
Infrastucture Management
Hirearchy of ELO
Structure
Geotechnic
Transportation
Water Resource Management
Construction Management
Project Management
Infrastucture Management